Pengertian Facebook Ads



Di Era digital seperti sekarang ini, siapa yang tidak tau FACEBOOK. Facebook merupakan jejaring sosial yang memiliki 1 Milyar lebih pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Banyak yang bisa kita lakukan di Facebook. mulai sekedar nulis status, mengirim pesan,memperbanyak teman, sampai jual beli melalui Facebook. khusus untuk yang mempunyai Bisnis Online, anda bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki Facebook yaitu FACEBOOK Ads



Apa itu Facebook Ads..??

Facebook Ads Adalah Fitur yang dimiliki oleh Facebook yang biasa di gunakan untuk mengiklankan Produk-produk yang di jual secara Online yang fokus penjualan adalah para pengguna Facebook. 

Kelebihan beriklan di Facebook Ads Sendiri adalah kita bisa menentukan target pemasaran kita dengan lebih spesifik sesuai yang kita ingin kan, seperti letak geografi, Jenis Kelamin, Umur , tanggal atau bulan kelahiran, status pernikahan, Pendidikan dan masih banyak yang lainnya. jadi misalkan anda menjual baju anak, anda bisa menentukan target pemasaran kita dengan dispesifikasikan dari Umur, atau pengguna Facebook yang sudah menikah(kareana kebanyakan yang membeli baju anak adaah orang2 yang sudah menikah). jadi iklan anda akan muncul pada pengguna Facebook yang sudah menikah saja dan umur yang sudah ditentukan. Jadi iklan kita akan lebih efektif karena sesuai dengan targetnya.



Bagai Mana Cara Kerjanya..??

Untuk menikmati fitur Facebook Ads Anda harus mempunyai sebuah Fanpage . Fanpage ini bisa berupa apapun bisa berupa komunitas, hobi, bisnis, olahraga, dan lain sebagainya. Bagi yang tidak mempunyai Fanpage maka tidak bisa menikmati fitur Facebook Ads ini. Berikut Tahapannya

  1. Pengaturan Iklan : terdapat 3 pilihan dalam menggunakan layanan iklan Facebook yaitu Get More Page LikesPromote Page Posts dan Advanced Options. Get More Page Likes adalah iklan yang judul, teks, dan gambarnya dapat dibuat sendiri oleh pengiklan. Promote Page Posts adalah pilihan yang akan menampilkan salah satu posting terbaru di halaman Fan Page. Advanced Options merupakan pilihan iklan yang memungkinkan untuk para pengiklan memilih sendiri iklan yang ingin di promosikan serta harga yang ingin dibayarkan melalui iklan tersebut.
  2. Pilih Target Khalayak yang tepat : setelah memilih model iklan yang diinginkan, para pengiklan harus memilih kategori-kategori target khalayak dari iklan yang ingin dibuat agar iklan lebih spesifik dan tepat sasaran. Kategori yang dapat dipilih antara lain wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.
  3. Harga dan penjadwalan iklan : pada tahap ini, para pengiklan diwajibkan untuk memberikan nama bagi kampanye dan iklan yang dibuatnya serta merancang jadwal kapan saja iklan tersebut akan ditayangkan. Selain itu para pengiklan akan menuliskan budget iklan yang akan dikeluarkan perharinya, seperti contoh jika pengiklan memiliki budget 100$ untuk 10 hari masa iklan maka ia dapat memilih pilihan 10$ per harinya atau 100$ untuk lifetime budget. Terdapat dua metode pembayaran yaitu CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yaitu harga iklan yang diberlakukan adalah harga per 1000 kali penayangan iklan dan CPC (cost per click) yaitu harga yang telah disesuaikan dengan jumlah klik yang sudah dilakukan oleh para khalayak




Keunggulan Mengunakan Fitur Facebook Ads

Pengguna Facebook di indonesia ini menempati peringkat ke empat dari total pengguna Facebook di seluruh dunia setelah United States,India dan Brazi, yaitu sekitar 50jt perbulan pengguna facebook yang aktif di indonesia. melihat fakta ini pastinya sangat efektif untuk beriklan di Facebook. Harga yang murah, target khalayak yang dapat diatur sesuai kebutuhan, dan sifat khalayak yang aktif membuat Facebook dapat dijadikan salah satu alternatif iklan di teknologi media baru yang dianggap efisien dan praktis. 

Selain kelebihan-kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Iklan Facebook juga memiliki satu kelebihan yang tidak boleh dilupakan, yaitu kemudahan dalam perancangan dan pengawasan. Perancangan atau pembuatan iklan di Facebook dapat dikatakan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja tanpa harus melewati regulasi-regulasi yang memberatkan selain regulasi dari pihak Facebook sendiri yang pada kenyataannya tidak terlalu dijadikan suatu permasalahan yang cukup berarti. Para pengiklan juga dapat dengan mudah mengawasi dan menilai apakah iklan yang mereka buat berhasil atau tidak di mana saja, tanpa harus melakukan hal-hal yang rumit dan berbelit-belit. Situs jejaring sosial ini juga dapat dikatakan sebagai tempat atau sarana berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain, dan antara satu anggota dengan anggota lainnya sehingga banyak anggota atau individu yang terkumpul di dalam Facebook ini. Kenyataan itulah yang membuat Facebook menjadi salah satu tempat memasarkan atau promosi yang potensial saat ini.


Semoga bermanfaat

"SALAM SUKSES"


Sumber Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar